FESTIVAL SENI DI KECAMATAN HARUAI BESERTA JUKNIS FLS2N

salah satu peserta karnaval
Nge" blog" itu asik, kita bisa menemukan ide tulisan dimana saja. Dijalan saja banyak hal yang bisa kita jadikan bahan untuk menulis. Contohnya kemarin penulis bertemu dengan anak-anak dari MTSN Haruai. yang sedang mengikuti lomba karnaval dalam rangka memperingati milad MTSN Haruai yang ke 60 sekaligus memperingati Tahun baru Islam 1 Muaharam 1438 H. Ide dan kreativitas yang tinggi jelas sekali tergambar pada kostum yang mereka tampilkan di sepanjang jalan mulai dari MTSN Haruai menuju ke halaman kantor camat Haruai. Dibawah bimbingan wali kelas masing-masing setiap anak diberi kebebasan dalam dalam mengekpresikan dirinya melalui kostum yang dikenakan.

Yang lebih luar biasa lagi adalah dukungan dari Kepala MTSN Haruai bapak Faturahhman, S.Pd. Bersama istri (Kepala SMPN 9 Tanjung) dan anak tercinta tidak melepas anak didiknya begitu saja di jalan. Beliau dan juga para guru terus memberi semangat kepada anak-anak yang sudah mulai kelelahan karena harus memakai kostum yang lumayan besar dan berat.
Peserta karnaval juga melibatkan peserta didik dari sekolah-sekolah terdekat baik dari SD,SMP, SMA dan MA yang bearada di Kecamatan Haruai.
Kepsek MTSN Haruai dan Kepsek SMPN 9 Haruai


Jelas sudah, sebagai salah satu wahana pembentuk karakter bangsa, sekolah adalah lokasi penting dimana para "Nation Builder" Indonesia diharapkan dapat berjuang membawa negara bersaing di kancah global. Seiring dengan derasnya tantangan global, tantangan dunia pendidikan pun menjadi semakin besar. Hal ini dapat mendorong para siswa mendapatkan prestasi terbaik. Siswa perlu diberikan wadah untuk mengembangkan karya kreatif dan inovatifnya. Dengan adanya acara-acara seperti ini dapat dapat memotivasi siswa untuk mengekpresikan diri melalui kegiatan seni sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga akan tertanam nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
Dinas Pendidikan melalui Unit-Unit Pelayanan Teknis (UPT) yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan juga sudah memberikan kesempatan kepada peserta didik yang mempunyai bakat khusus di bidang seni  dan masih  berada di tingkat sekolah dasar (SD) untuk bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan seni melaui Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).
Ada berbagai cabang lomba yang bisa di ikuti anatara lain :
1. Lomba Menyanyi tunggal
2. Lomba Pidato Bahasa Indonesia
3. Lomba Membuat Gambar bercerita
4. Lomba Seni Tari Kreasi ru
5. Lomba Cipta dan Baca Puisi 
DOWNLOAD
No comments